Jumat, 30 Maret 2012

PEMERIKSAAN SPESIMEN DARAH


PEMERIKSAAN SPESIMEN DARAH
Oleh: I Putu Gede Widhiadnyana

            Pemeriksaan darah terbagi atas beberapa bagian, yakni pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan fungsi hati, ginjal, jantung, pemeriksaan kolesterol, dan gula darah.
1.      PEMERIKSAAN DARAH RUTIN
a.       Hemoglobin
Hemoglobin atau yang sering disingkat dengan Hb merupakan salah satu dari sekian banyak tolak ukur apakah anda terkena anemia atau tidak. Hemoglobin adalah suatu protein yang berada di dalam darah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen. Jadi, oksigen yang telah dihirup dan masuk ke paru-paru nantinya akan diangkut lagi oleh hemoglobin di dalam darah untuk didistribusikan ke otak, jantung, ginjal, otot, tulang dan seluruh organ tubuh.
      Orang-orang yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi vitamin dan mineral, ibu hamil, orang yang mengalami perdarahan akibat terluka, terkena infeksi kronis atau penyakit kronis seperti TBC, tumor, gangguan hati, dan gangguan kesehatan lainnya, bias saja terjadi penurunan kadar Hb. Raut wajah akan terlihat pucat dan kuyu. Tubuh pun menjadi lemas, tidak bertenaga dan mudah lelah.
b.      Eritrosit
Eritrosit atau sering disebut sel darah merah, adalah bagian darah dengan komposisi terbanyak di dalam darah. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat metabolisme makanan untuk dapat menghasilkan energi serta mengangkut O2 (oksigen) dan CO2 (karbon dioksida). Pada penyakit-penyakit kronis seperti penyakit hati, anemia, dan leukemia bias ditemui penurunan jumlah sel darah merah. Pada pemeriksaan lanjutan, biasanya laboratorium akan melampirkan nilai-nilai seperti MCV dan MCHC.
MC (mean cospuscular) adalah jenis pemeriksaan untuk menilai kadar eritrosit rata-rata. Pemeriksaan ini biasanya dijadikan indikator untuk melihat kadar anemia seseorang. MCV atau mean cospuscular volume digunakan untuk mengukur indeks volume eritrosit dalam darah. MCH atau mean cospuscular haemoglobin untuk mengukur indeks warna pada eritrosit dalam darah. Adapun MCHC atau mean cospuscular haemoglobin concentration untuk mengukur indeks saturasi eritrosit dalam darah.
Sekali lagi, pemeriksaan ini ditujukan untuk menegakkan penyakit anemia yang diderita seseorang. Nilai-nilai ini menggambarkan beraneka ragam bentuk atau wajah sel darah merah. Hal ini penting untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sel darah merah.
c.       Leukosit
Leukosit juga disebut sel darah putih walaupun sebenarnya tidak berwarna alias bening. Di dalam sel darah putih terkandung unsur-unsur darah seperti basofil, eosinofil, neutrofil, limfosit, dan monosit.
Keadaan dimana leukosit meninggi disebut leukositosis, biasa muncul pada darah setelah menjalani latihan olah raga yang berat, terkena infeksi kronis (tifus, cacingan, TBC, dan lain-lain), atau setelah terkena luka bakar yang luas.
Pada saat leukemia kadar leukosit sangat tinggi, bias mencapai 10 kali lipat dibandingkan kadar normalnya. Jika kadar leukosit terlalu tinggi, leukosit tersebut justru akan merusak leukosit lainnya, dan ini juga akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Kadar leukosit akan turun seiring dengan sembuhnya satu sumber penyakit. Jika memang yang bermasalah adalah leukosit itu sendiri misalnya leukemia, dokter akan memberikan pengobatan khusus untuk menurunkan kadar leukosit.
Ada juga yang disebut leukopeni. Kondisi ini terjadi karena kadar leukosit anda kurang dari normal. Leukopeni biasanya timbul akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat-obatan kanker, keracunan benzene, urethane, dan logam-logam tertentu, infeksi kronis, anemia, dan juga faktor keturunan. Jika kadarnya terlalu rendah, tentu akan berpengaruh pada system kekebalan tubuh. Tubuh akanlebih mudah terkena berbagai penyakit infeksi.
d.      Hematokrit
Hematokrit atau biasa disingkat Ht merupakan perbandingan antara proporsi volume sampel darah Anda dengan sel darah merah merah (eritrosit) yang diukur dalam satuan millimeter per desiliter dari darah keseluruhan, bias juga dinyatakan dalam persen. Jading pengukuran ini bias dihubungkan dengan tingkat kekentalan darah. Semakin tinggi presentasenya berarti semakin tinggi kekentalan darahnya, atau sebaliknya. Bersama kadar hemoglobin, kadar hematokrit biasanya dikaitkan dengan derajat anemia yang diderita.
e.       Trombosit
Trombosit sering dikaitkan dengan penyakit demam berdarah atau DBD. Pada penderita DBD, terjadi penurunan kadar trombosit dalam darah secara signifikan. Trombosit yang menurun menyebabkan terjadinya pendarahan pada kulit karena trombosit berfungsi sebagai salah satu pembeku darah.
      Tidak semua trombosit yang rendah lantas dikaitkan dengan DBD. Rendahnya trombosit juga bias merupakan kelainan bawaan. Hal ini terjadi karena produksi trombosit seseorang memang sangat rendah.
      Trombosit yang rendah menimbulkan gangguan pada system pembekuan darah. Oleh karena itu, pada penderita DBD dengan kadar trombosit rendah akan mempermudah munculnya titik-titik pendarahan pada kulit, hidung bahkan otak.
      Trombosit yang meninggi sering terjadi pada leukemia (kanker sel darah putih), polisitemia vera (kadar sel darah merah yang sangat meninggi), penyebaran tumor ganas, penyakit-penyakit vaskuler seperti lupus (gangguan system imun atau kekebalan tubuh), setelah operasi pembedahan, perdarahan, dan pada orang yang baru berhenti mengkonsumsi alkohol.
f.       Laju Endap Darah (LED)
Pemeriksaan ini ditujukan untuk melihat kecepatan darah dalam membentuk endapan. Sekian cc darah akan dimasukkan ke dalam satu tabung pengukuran dan dinilai pada berapa millimeter pengendapan itu muncul. Laju endap darah dilakukan untuk menilai berapa kecepatan eritrosit atau sel darah merah bisa mengendap dalam tabung pengukuran yang diukur selama satu jam.
Laju endap darah mungkin akan meninggi dalam satu jam apabila mengalami cedera, peradangan, atau kehamilan. Laju endap darah juga akan meningkat jika menderita infeksi kronis atau kasus-kasus dimana peradangan menjadi kambuh, misalnya TBC atau rematik. Adanya tumor, keracunan logam, radang ginjal maupun lever juga kadang memberikan nilai yang tinggi untuk laju endap darah.
Laju endap darah bisa menurun akibat kelainan-kelainan sel darah merah seperti polisitemia vera yaitu suatu penyakit dimana sel darah merah sangat banyak sehingga darah menjadi sangat kental. Jika dilakukan pemeriksaan laju endap darah maka kecepatan timbulnya pengendapan menjadi sangat lambat karena volume sel darah merah hamper sama dengan darah keseluruhan.
Pemeriksaan laju endap darah sangat berguna untuk mendeteksi adanya suatu peradangan dan bahkan perjalanan atau aktivitas suatu penyakit.
g.      Hitung Jenis
Darah terdiri atas komponen-komponen seperti eritrosit, trombosit, hemoglobin, dan leukosit. Leukosit sendiri terdiri atas sel leukosit basofil, eusinofil, neutrofil (terdiri atas neutrofil batang dan neutrofil segmen), monosit dan limfosit. Besarnya kadar-kadar zat penyusun leukosit tersebut dinyatakan dalam persen. Biasanya, persentase tertinggi ada pada neutrofil segmen dan limfosit, sementara persentase terendah ada pada eosinofil, basofil, dan monosit. Kadangkala persentase eosinofil lebih tinggi, misalnya pada keadaan infeksi kronis seperti cacingan, keracunan, dan perdarahan. Bisa juga terjadi persentase limfosit dan monosit lebih tinggi yaitu pada penyakit hati dan anemia kronis.   
h.      Golongan Darah
Pengujian golongan darah penting dilakukan terutama apabila dalam keadaan terdesak yang mengharuskan mendapat tranfusi darah.

2.      PEMERIKSAAN FUNGSI HATI
Sebagai organ tubuh yang memiliki banyak fungsi penting, seperti menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh dan merombak nutrisi menjadi energi. Dalam pemeriksaan fungsi hati, ada beberapa parameter yang harus diperhatikan, antara lain:
a.       SGOT
SGOT merupakan singkatan dari serum glutamic oxaloacetic transaminase. Beberapa laboratorium sering juga memakai istilah AST (aspartate aminotransferase). SGOT merupakan enzim yang tidak hanya terdapat di hati, melainkan juga terdapat di otot jantung, otak, ginjal, dan otot-otot rangka.
Adanya kerusakan pada hati, otot jantung, otak, ginjal dan rangka bisa dideteksi dengan mengukur kadar SGOT. Pada kasus seperti alkoholik, radang pancreas, malaria, infeksi lever stadium akhir, adanya penyumbatan pada saluran empedu, kerusakan otot jantung, orang-orang yang selalu mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik dan obat TBC, kadar SGOT bisa meninggi, bahkan bisa menyamai kadar SGOT pada penderita hepatitis.
Kadar SGOT dianggap abnormal jika nilai yang didapat 2-3 kali lebih besar dari nilai normalnya.
b.      SGPT
SGPT adalah singkatan dari serum glutamic pyruvic transaminase, sering juga disebut dengan istilah ALT (alanin aminotansferase). SGPT dianggap jauh lebih spesifik untuk menilai kerusakan hati dibandingkan SGOT. SGPT meninggi pada kerusakan lever kronis dan hepatitis. Sama halnya dengan SGOT, nilai SGPT dianggap abnormal jika nilai hasil pemeriksaan anda 2-3 kali lebih besar dari nilai normal.
c.       Bilirubin
Pada pemeriksaan rutin, biasanya yang diperiksa adalah bilirubin total dan bilirubin direk. Adajuga istilah bilirubin indirek yaitu selisih bilirubin total dengan bilirubin direk. Bilirubin merupakan suatu pigmen atau zat warna yang berwarna kuning, hasil metabolisme dari penguraian hemoglobin (Hb) di dalam darah.
Pada penyakit hati yang menahun (kronis), dapat terjadi peningkatan kadar bilirubin total yang tentunya juga diiringi peningkatan bilirubin indirek atau bilirubin direk. Peningkatan ini berhubungan dengan peningkatan produksi bilirubin atau akibat adanya penyumbatan pada kandung empedu sebagai orgam tubuh yang menyalurkan bilirubin ke dalam usus. Akibat penumpukan bilirubin ini, wajah, badan dan urin akan berwarna kuning.
d.      Gamma GT
Gamma GT (glutamil tranferase) merupakan enzim hati yang sangat peka terhadap penyakit hepatitis dan alkoholik. Kadarnya yang tinggi bisa bertahan beberapa lama pasca penyembuhan hepatitis.
e.       Alkali Fosfatase
Fosfatase alkali merupakan enzim hati yang dapat masuk ke saluran empedu. Kandung empedu terletak persis di bawah hati atau lever. Meningkatnya kadar fosfatase alkali terjadi apabila ada hambatan pada saluran empedu. Hambatan pada saluran empedu dapat disebabkan adanya batu empedu atau penyempitan pada saluran empedu.
f.       Cholinesterase
Umunya kadar cholinesterase menurun pada kerusakan parenkim hati seperti hepatitis kronis dan adanya lemak dalam hati. Pemeriksaan ini sering dipakai sebagai pemeriksaan tunggal pada pasien yang mengalami keracunan hati akibat obat-obatan (termasuk keracunan insektisida).
g.      Protein Total (rasio albumin/globulin)
Protein dalam darah yang penting terdiri dari protein albumin dan globulin. Albumin sepenuhnya diproduksi di hati, sedangkan globulin hanya sebagian yang diproduksi di hati, sisanya diproduksi oleh system kekebalan dalam tubuh. Albumin dan globulin merupakan suatu zat yang sangat berguna dalam sistem kekebalan tubuh. Perubahan kadar keduanya bisa menunjukkan adanya gangguan pada organ hati atau juga bisa pada organ tubuh lainnya misalnya ginjal.
Pada pemeriksaan laboratorium, penting untuk menilai kadar protein total, kadar globulin dan kadar albumin. Pada penyakit-penyakit hati, kadar protein bisa meninggi dan bisa juga menurun. Begitu pula kadar albumin dan globulin. Sebagai contoh, jika terjadi infeksi pada hati yang baru diketahui kira-kira dalam tiga bulan terakhir, dapat terjadi peningkatan kadar globulin dan penurunan kadar albumin.

3.      PEMERIKSAAN FUNGSI GINJAL
Ginjal memiliki banyak fungsi, misalnya untuk membersihkan darah dan mengatur keseimbangan cairan. Oleh karen itu, pemeriksaan ginjal terutama pada klien yang mengalami nyeri pinggang dan sakit saat buang air kecil, wajib dilakukan. Pemeriksaan fungsi ginjal mencakup beberapa parameter sebagai berikut:
a.       Ureum
Ureum merupakan produk sisa metabolisme (pembakaran) protein. Dalam keadaan normal, kadar ureum darah selalu konstan. Jika terjadi produksi yang berlebihan, misalnya makanan yang kita konsumsi terlalu tinggi kadar proteinnya maka ginjal akan berupaya keras mengeluarkannya dari dalam tubuh. Namun, apabila terjadi kerusakan pada ginjal maka akan terjadi penumpukan ureum di dalam darah. Ginjal lantas tidak mampu membuang ureum tersebut sehingga kadarnya semakin tinggi. Keadaan lain seperti terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh akibat diare, keringat berlebih, dan kurang minum) juga akan menyebabkan tingginya kadar ureum dalam darah. Jika kadar ureum sangat tinggi dalam darah maka akan dapat menyebabkan koma.
b.      Creatinin
Creatinin juga merupakan zat sisa metabolisme protein. Jika kadar kreatinin dalam darah berada dalam keadaan berlebih maka kelebihan tersebut akan selalu dibuang melalui ginjal. Namun, apabila terjadi kerusakan pada saringan ginjal maka akan beresiko terjadinya penumpukan kadar creatinin dalam darah yang tidak bisa dibuang di dalam darah oleh ginjal. Seperti halnya ureum, kemampuan ginjal mengeluarkan creatinin juga merupakan penilaian terhadap fungsi ginjal. Pada beberapa penyakit seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, bisa ditemui peninggian kadar creatini darah.
c.       Asam Urat
Asam urat juga merupakan salah satu indikator untuk mengetahui fungsi ginjal. Orang banyak berasumsi bahwa asam urat dikaitkan dengan lutut atau tumit yang sakit dan badan terasa pegal-pegal.
Asam urat yang meninggi bisa terdapat pada anda yang terlalu banyak mengkonsumsi jeroan, kepiting, melinjo, kacang tanah, bayam, kol, dan lain-lain. Faktor keturunan, mengkonsumsi alkohol berlebihan, kegemukan, dan penyakit darah tinggi yang berat juga meningkatkan resiko terjadinya peningkatan kadar asam urat.

4.      PEMERIKSAAN FUNGSI JANTUNG
Pemeriksaan jantung biasanya dilakukan untuk mengukur LDH dan CPK (CK).
a.       LDH
LDH atau lactate dehydrogenase adalah suatu enzim yang terdapat di jantung, berfungsi untuk mengubah zat makanan yang disuplai dari darah menjadi energi.
b.      CPK atau CK
CPK (creatin phosphokinase) atau CK (creatin kinase) adalah enzim yang sebenarnya tidak hanya terdapat dalam otot-otot jantung, melainkan juga terdapat dalam otak, otot-otot polos seperti usus, dan otot-otot rangka. Enzi mini akan meningkat dalam keadaan tertentu, misalnya jika terjadi penyumbatan pembuluh darah jantung, dan adanya kelainan pada otot jantung. Namun, enzim ini juga akan meningkat dalam kapasitas ringan maupun sedang setelah melakukan olahraga berat, setelah operasi, pasca-kecelakaan, adanya kelainan pada paru (seperti penimbunan cairan dalam paru), dan hipotiroidisme (rendahnya kadar hormone yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid).
5.      PEMERIKSAAN KADAR KOLESTEROL DALAM DARAH
Pemeriksaan kadar kolesterol mutlak dilakukan terutama pada orang yang gemar menyantap makanan siap saji, memiliki berat badan berlebih, dan seorang perokok. Dalam pemeriksaan kolesterol, ada 4 jenis yang sering diperiksa, yakni kolesterol total, kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan trigliserida.
a.       Kolesterol Total dan HDL
HDL merupakan jenis kolesterol yang berfungsi membawa seluruh kolesterol ke pabrik pengolahannya yaitu hati. HDL juga berfungsi membawa kolesterol yang telah diolah untuk didistribusikan ke otak, jantung, dan seluruh organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, HDL dikatakan sebagai kolesterol baik. Jika kadar HDL rendah maka akan banyak kolesterol yang menempel pada pembuluh darah. Kejadian ini adalah cikal bakal terjadinya tekanan darah tinggi karena banyak penyumbatan pada pembuluh darah.
b.      Kolesterol HDL
LDL merupakan kolesterol yang dapat menyebabkan terjadinya penimbunan plak di dalam saluran pembuluh darah. LDL mempunyai tugas yang berlawanan dengan HDL. Jika kadar LDL meningkat maka diperkirakan banyak kolesterol yang berasal dari makanan yang tidak terangkut ke hati. Hal ini disebabkan ulah LDL yang menahan kolesterol.
c.       Kolesterol Trigliserida
Ini adalah kolesterol yang mengikat trigliserida. Kadarnya yang tinggi menunjukkan banyak kolesterol jenis trigliserida di dalam darah.
            Ketiga kolesterol ini sering dinyatakan sebagai Kolesterol Total.

6.      PEMERIKSAAN GULA DARAH
Pemeriksaan gula darah rutin dilakukan pada setiap medical check-up.
a.       Gula Darah Puasa
Seperti namanya, pemeriksaan ini memang untuk mengukur berapa kadar gula darah sewaktu berpuasa. Biasanya klien harus puasa selama ±10 jam sebelum pemeriksaan. Dimulai pada pukul 10 malam dan dilakukan pemeriksaan pada pukul 8 pagi keesokan harinya. Gula darah yang rendah atau sangat tinggi akan membuat tubuh menjadi lemas, keluar keringat dingin, dan kesemutan.
b.      Gula Darah 2 Jam Post Pradial
Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengecek kadar gula darah 2 jam setelah makan. Jadi sewaktu klien diperiksa gula darah puasa pada pukul 8 pagi maka klien diharuskan mengkonsumsi makanan secara biasa. Tepat dua jam sesudahnya yakni pukul 10 pagi, gula darah klien kembali diperiksa. Hasilnya akan menunjukkan berapa kenaikan gula darah klien yang sebenarnya ketika selesai makan.
c.       Gula Darah Sewaktu
Pemeriksaan ini biasanya hanya diperiksa sewaktu-waktu. Tidak ada pemeriksaan khusus.
d.      HbA1c
Pemeriksaan ini digunakan untuk menilai pengendalian metabolisme (pengolahan) gula darah pada penderita penyakit gula darah. HbA1c termasuk jenis hemoglobin yang jumlahnya mencapai 4-6% dari semua jenis hemoglobin yang ada.
      Pemeriksaan HbA1c lebih menggambarkan berapa pengendalian kadar gula darah klien dalam 3-4 bulan terakhir. Seperti pada umumnya hemoglobin, HbA1c ini terikat di dalam sel darah merah (eritrosit) selama umur eritrosit itu, yakni sekitar 120 hari.

7.      PEMERIKSAAN ELEKTROLIT DARAH
Pemeriksaan elektrolit darah pada dasarnya merupakan pemeriksaan kadar kandungan garam dan mineral dalam darah, seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan klorida. Fungsi pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui adanya gangguan pada salah satu organ tubuh, seperti ginjal dan jantung, tulang, serta sebagai penanda kanker.
a.       Natrium
Natrium sering dijadikan salah satu indicator gangguan pada jantung, ginjal, dan penyakit gondok. Beberapa diagnosis penyakit seperti gangguan ginjal disertai pembengkakan pada kaki dan atau seluruh badan, pembengkakan jantung, pembengkakan pada perut yang berisi cairan, diare yang berkepanjangan, olahraga dengan keringat berlebihan, dan luka bakar biasanya menunjukkan adanya penurunan natrium. Penurunan natrium juga sering menyebabkan menjadi mual dan muntah, sakit kepala, dan bahkan kejang dan koma. Adapun peningkatan kadar natrium bisa mengakibatkan lemah otot, kejang, dan juga bisa mengakibatkan koma.
b.      Kalium
Seperti halnya natrium, kalium juga merupakan indikator adanya gangguan pada metabolisme cairan tubuh, terutama melibatkan jantung dan ginjal. Kadar kalium bisa menurun pada orang-orang yang menderita diabetes mellitus (kencing manis), diare yang berkepanjangan, muntah-muntah, dan pada penyakit ginjal. Kadar kalium dapat meninggi pada klien dengan luka bakar, setelah tranfusi darah, dan setelah operasi pembedahan.
c.       Kalsium
Kadar kalsium tidak hanya identik dengan pemeriksaan kekuatan tulang. Kalsium juga terdapat dalam darah sehingga pemeriksaan kadar kalsium juga berfungsi untuk menilai kemampuan fungsi ginjal, kelenjar paratiroid, dan lain-lain. Pada beberapa kasus, seperti adanya kanker serta penggunaan vitamin A dan D secara berlebihan, dapat ditemukan adanya kadar kalsium darah. Sebaliknya penurunan kadar kalsium bisa dijumpai pada kasus-kasus seperti nyeri otot kronis.
d.      Magnesium
Magnesium terdapat di dalam tulang dan otot. Kadarnya bisa meninggi pada pasien dengan kelainan irama jantung atau gagal ginjal. Orang yang sering mengkonsumsi alcohol biasanya mengalami penurunan kadar magnesium. Begitu pula halnya pada kasus-kasus malnutrisi atau kekurangan gizi.
e.       Klorida
Walaupun jarang diperhitungkan, kadar klorida tetaplah penting untuk diperiksa. Klorida lebih dikaitkan dengan mineral yang menjaga keseimbangan cairan tubuh.
Kadarnya bisa meninggi jika klien mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh berlebihan. Namun, pada kehamilan, usia lanjut, dan adanya defisiensi vitamin serta zat besi, sering ditemukan adanya penurunan kadar klorida.  




1 komentar:

  1. Alergi bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab, temukan salah penyebab alergi yaitu Eosinofil di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan untuk informasi lengkapnya

    BalasHapus